Istilah-Istilah di Rumah Sakit

Saturday, April 22, 2017
Memulai sebuah pekerjaan baru memaksa kita untuk beradaptasi. Orang-orang baru, lingkungan baru, kebiasaan-kebiasaan setempat, aku harus segera menyesuaikan. Soal pekerjaan pun aku harus segera belajar.

Tiga tahun yang lalu, ketika lulus kuliah, aku bekerja di bisnis penjualan sparepart. Aku belajar bagaimana barang itu datang, disimpan, dijual, dan dikirim. Ada banyak istilah-istilah baru yang tak ku mengerti, apalagi nama-nama sparepart yang jumlahnya puluhan ribu.

Sekarang ini, aku bekerja di rumah sakit. Aku pun kembali dihadapkan dengan istilah-istilah baru yang masih masing di telingaku.

SPO : Standar Prosedur Operasional, singkatan lain untuk SOP
Rajal : Rawat Jalan, pemeriksaan di poli
Ranap : Rawat Inap
APS : Atas Permintaan Sendiri
VK : Verlos Kamer atau kamar bersalin
IPJ : Instalasi Pemulasaran Jenazah
IBS : Instalasi Bedah Sentral, tempat untuk perawatan yang membutuhkan bedah
IPDE : Instalasi Pengolahan Data Elektronik, bagian IT-nya rumah sakit
SIMRS : Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit
Linen : istilah untuk baju/pakaian/kain yang dipakai pasien
SMF : Staf Medis Fungsional, tenaga medis yang dikelompokkan sesuai keahliannya
PPI : Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Selain istilah-istilah itu, yang selalu ditekankan adalah 6 langkah dan 5 momen cuci tangan. Selalu dan selalu diingatkan akan hal itu. Selebihnya sih hampir sama seperti yang sudah kita ketahui di rumah sakit pada umumnya.

1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.