[Review] Jinrou Game - The Werewolf Game: The Villagers Side

Saturday, July 23, 2016
Ada yang pernah mendengar permainan bernama "Werewolf Game"?

Jujur saja, aku baru mengetahui permainan ini setelah menonton film berjudul "Jinrou Game". Awalnya aku tak mengetahui alur cerita dalam film ini karena aku memang tak tahu permainan itu sebelumnya.
cover
Di tengah kebingungan menonton film ini, aku mencari tahu apa sebenarnya yang dimaksud Jinrou Game atau yang lebih dikenal sebagai Werewolf Game. Dan berikut penjelasannya:

The Werewolf Game”.
Game ini menggunakan kartu sebagai alatnya, yang di masing – masing kartu tersebut terdapat karakter yang memiliki kekuatannya masing – masing. Ada Seer, Sorcerer, Villager, Lover, Guard, dan tentunya Werewolf itu sendiri. Nantinya pemain akan mendapatkan kartu dari moderator (pengatur alur permainan) masing – masing satu kartu dan setiap pemain tidak mengetahui kartu pemain lainnya.

Tugas para pemain adalah memerankan karakternya dan jangan sampai ketahuan dengan mudah. Selama permainan nantinya mereka akan saling menebak karakter pemain lain dari cara mereka berargumen, berbicara, gerak – geriknya, tergantung bagaimana cara mereka membentuk sebuah asumsi. Mereka boleh menggunakan kemampuan dari kartunya setelah ditanya oleh moderator akan menggunakan kemampuannya atau tidak.

Permainan ini memiliki dua sesi yaitu siang dan malam. Pada siang hari (biasanya di siang pertama) mereka akan berargumen satu sama lain untuk membentuk sebuah asumsi peran apa yang sedang mereka mainkan. Di malam hari, tugas werewolf untuk membunuh villager berdasarkan asumsi yang mereka dapat di siang hari.

Ketika sesi malam, moderator akan menyuruh para pemain untuk menutup mata, lalu dia akan menanyai si werewolf siapa yang akan dia bunuh. Kemudian pemain yang sebagai werewolf memberi kode siapa yang dia bunuh. Saat sesi malam berakhir dilanjut sesi siang, lalu moderator akan mengumumkan telah terjadi pembunuhan semalam oleh werewolf dan korbannya siapa. Kemudian dilakukanlah voting, siapa si werewolf. Nantinya masing – masing pemain akan memvoting siapa yang jadi werewolf dan setelah suara didapat, maka orang itu mati (keluar dari permainan). Masing – masing dari mereka hanya berasumsi karena tidak ada yang tahu pasti peran apa yang dimainkan pemain lain. Bisa saja villager memvote werewolf, werewolf memvote werewolf, bahkan villager memvote villager. Maka dari itu, skill dalam menyimpulkan sangat diperlukan dalam permainan ini.

Sumber : Kompasiana

Itu adalah garis besar dari permainan ini. Kembali ke film Jinrou Game, alurnya sama persis dengan jalannya permainan Werewolf. Hanya saja, ketika siang hari dilakukan proses voting, maka orang dengan suara terbanyak akan benar-benar mati. Mereka menyediakan racun yang dapat membunuh orang dengan suara terbanyak tersebut. Sementara itu, di malam hari, orang yang menjadi werewolf akan benar-benar membunuh orang lain, yakni dengan menembaknya. Begitu seterusnya hingga peserta permainan tersebut habis dan menyisakan dua orang. Dengan demikian permainan dinyatakan selesai.
proses voting

Rasanya susah mengerti jika menonton film Jinrou Game tanpa mengetahui bagaimana atutan permainan ini. Jadi, bagi yang akan menonton film ini, pastikan dulu ya kalian tahu permainannya :D

Happy watching!

9 comments:

  1. nishina yang jadi tokoh utamanya tu dapet peran apa ya? di game pertama sama game keduanya?
    di film yg aku tonton, pesannya ato alurnya kurang tersampaikan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nonton yang ini aja, jalan ceritanya cukup rumit. hoho

      Delete
    2. Nishina jadi villager, tu pas di awal dapet kartu kan dia yang pas temennya mau mati.

      Pas di akhir, jadi yang survive jadi pemain di permainan selanjutnya, dia jadi werewolf(jinrou) nya

      Delete
  2. Tolong lengkapnya siapa sebenar jinrounya dan nishina apa perannya

    ReplyDelete
  3. di game pertama siapa werewolf nya? dan kenapa nishina tidak dibebaskan padhal dia kan menang di game pertama

    ReplyDelete
  4. Dua werewolf itu Tomohiro (crushnya Nishina) dan Marie (si oneechan) kan.
    Nishina menang sepertinya di tipu dalang/game master, karena di jinrou game selanjutnya dia kan jadi werewolf (kata review ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di film pertama keknya werewolfnya si Crush MC sama (Konomi apa namanya?) Yg selamet bareng MC diakhir keknya dah, soalnya pas scene akhir yg tuh berdua tidur kan si MC ngeliat kartu temennya dia tuh, nah di kartu temennya dia itu ada tulisan kanji yg kalo gw cari artinya werewolf (Jinrou). Jadi kayaknya si MC ikut permainan lagi gara2 kalah di permainan pertama dah

      Delete
    2. Eh koreksi ternyata setelah gw cari lagi kartu yg diambil itu ternyata bukan punya temennya tapi punya si MC

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.